Cara Membuat Manisan Buah Carica Sendiri, Home Industri - Terbaru dan Terlengkap

NAJABAGUS - Selamat malam para pembaca, pada malam hari ini, pada kesempatan yang berbahagia ini Kami penulis mencoba berbagi Tips Pembuatan Carica Sendiri. Kenapa disini penulis memberitahukan kepada anda kalau Cara Membuat Manisan Karika Selanjutnya ini, dengan alasan yaitu kami pernah menulis sebelumnya Tips membuat makanan dan minuman manisan carica Khas Dieng Wonosobo yang belum begitu Lengkap, semoga dengan adanya kami berbagi Tips lagi kepada anda Cara Membuat Carica nanti lebih memudahkan anda dalam Membuat Manisan Carika bersama keluarga anda. Perlu anda perhatikan pembuatan carika yang kami bagikan kepada anda ini tidak kalah enak dengan yang diperjualbelikan di Toko-toko maupun di Mall. Kami akan menjamin kenikmatan yang anda buat tidak kalah, jika anda mengikuti proses cara membuat karika yang kami tulis ini.

Pada Tips cara membuat Carika pada kesempatan kali ini kami akan berikan Rahasia untuk anda agar nantinya Buah Karika yang anda buat tidak cepat Sayup atau Basi. Tips ini sering digunakan para pengusaha untuk membuat manisan ini lebih awet. Khusus untuk anda yang minat ingin membuat manisan ini kami bagikan kepada anda.

Tips ini kami Rekomendasikan kepada anda yang kami bagi menjadi 2 kategori:

Yang Pertama, anda yang pernah memakan dan meminum Makanan Karica tersebut, dan ingin mencoba membuat sendiri dirumah dan nantinya akan disajikan kepada Keluarga tercinta.

Yang Kedua, anda yang ingin membuka usaha kecil-kecilan atau yang sering anda dengar Home Industri, tips ini kami khususkan untuk anda yang ingin mencoba bisnis sederhana. Tapi jangan salah, kalau nantinya anda diberikan kemudahan kepada Allah dalam usahanya, disitu peluang anda terbuka untuk memulai usaha Membuat Manisan Carika yang sederhana yang nantinya menjadi Pengusaha Manisan Carica. Sebagaimana yang sudah kami tulis Rahasianya diatas.

Cara Membuat Manisan Buah Carica Sendiri, Home Industri - Terbaru dan Terlengkap

Silahkan anda simak baik-baik Cara Membuat Manisan Buah Carica Sendiri - Terbaru dan Terlengkap dibawah ini:

Pertama anda menyediakan Bahan-bahannya terlebih dahulu:

1. 1 atau 2 Kg Buah Carika matang.

Kupas terlebih dahulu buahnya dengan menggunakan sarung tangan, karena getahnya cukup gatal ditangan anda.

2. 1/5 atau 1 Kg Gula Pasir.

Untuk gula pasir kami rekomendasikan anda yaitu:

  • 1 Kg Buah Carika - 1/5 Kg Gula Pasir.
  • 2 Kg Buah Karika - 1 Kg Gula Pasir

Disini kami rekomendasikan seperti diatas agar rasa daging Carika lebih Seimbang dengan Pahit dan Kecut biji Buahnya jika diberi gula yang tepat.

Cara Membuat Manisan Buah Carica Sendiri, Home Industri - Terbaru dan Terlengkap


3. Baskom, alat penyaring, sarung tangan dll yang diperlukan.

Baskom atau wadah cukup besar untuk menampung Daging buah Carika yang menurut anda pas, terserah anda saja mau menggunakan yang bagaimana, kemudian untuk sarung tanganya agar anda tidak terkena Getah Buah Pepaya Carika.

4. 3 Liter Air bersih, kurang lebihnya bisa anda sesuaikan.

Selanjutnya anda akan kami bawa pada Pengolahan atau Cara Pembuatannya:

Langkah Pertama:

Kupas Buah Carika, kami sarankan menggunakan sarung tangan yang sudah anda persiapkan bahan-bahan diatas.

Langkah Kedua:

Belah buah Karika, anda potong-potong sesuai selera anda. Kemudian bersihkan buah karika yang sudah anda kupas dan potong tadi. Selanjutnya ambil biji buah karika letakan pada loyang atau wadah, dibawahnya seklaian letakan alat Penyaringnya. Untuk bijinya anda tidak perlu direbus dulu.

Cara Membuat Manisan Buah Carica Sendiri, Home Industri - Terbaru dan Terlengkap


Langkah Ketiga:

Biji buah yang sudah anda letakan pada loyang atau wadah tadi, sekalian alat penyaringnya. Selanjutnya anda remas-remas biji buah carika tadi sembari diberi air yang sudah anda siapkan, yaitu 3 Liter air bersih, sampai sarinya keluar. Setelah proses itu selesai anda rebus air yang sudah tercampur dengan sari biji buah carika.

Langkah Keempat:

Pada langkah ini untuk yang kami rekomendasikan bila anda ingin membuka Usaha atau Home Industri. Anda tidak perlu mencampurkan daging buah carika pada air yang sudah tercampur perasan sari biji buah karika, lalu bagaimana Cara Buah Carika tetap Awet. Nha disini rahasinya yang akan kami berikan khusus untuk anda. Buah Carika yang sudah anda potong-potong tadi (sesuai selera), Buah Carika anda Kukus, tidak Direbus.

Dengan anda Kukus daging buah Carika membuat daging buahnya tidak mudah lembek, keras dan tahan lama. Tapi jika anda campurkan dan direbus dengan Sari biji buah hal itu menjadikan buah Carika cepat Basi. Untuk anda yang hanya ingin mencoba membuat manisan dan disajikan lingkup keluarga saja, daging buah ikut direbus tidak apa-apa.

Langkah Terakhir:

Campurkan Gula Pasir yang sudah anda persiapkan, kemudian anda aduk sampai merata. Tunggu sampai air benar-benar mendidih. Setelah mendidih tentunya anda angkat dan matikan apinya, tunggu sampai dingin terlebih dahulu. Sembari menunggu siapkan Gelas atau Mangkok sebagai wadah siap saji anda. Oya hampir lupa, untuk anda yang ingin membuka Usaha atau Home Industri Carika, campurkan daging buah carika yang sudah anda Kukus tadi pada air yang sudah siap saji.

Ketentuan seberapa matang Daging Buah Carika ketika proses Kukus, anda kira-kira saja apakah daging buah sudah cukup lunak, matang atau belum, terlihat ketika buah itu sudah tidak keras lagi.

Sampai proses ini anda sudah berhasil Membuat Manisan Buah Carica Sendiri dan Home Industri - Terbaru dan Terlengkap. Semoga dengan Tips diatas memudahkan anda untuk berkreatif dan dapat dinikmati bersama keluarga anda. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Nb:
- Selain dikukus Anda bisa menggunakan Enjet agar Manisan Carika tetap awet.

Tags: cara buat carika awet,carika dieng wonosobo,cara bikin carika tetap awet,cara tepat membuat carika enak,home industri carika,karika wonosobo,manisan karika wonosobo,makanan khas wonosobo,pembuatan carika agar tetap awet,buah carika matang,ciri-ciri buah carika,manisan carika,cara kukus buah carika tetap awet, proses pembuatan carika.